5 Cara Ampuh Membedakan HP Android Asli dan Palsu

Sebelumnya kami pernah membahas mengenai cara membedakan HP Android asli dengan yang palsu. Nah melalui artikel berikut ini, kami akan suguhkan kembali artikel dengan tema yang sama, namun dengan isi yang telah di-updatedan lebih lengkap dengan harapan agar kamu tidak harus lagi berurusan lagi dengan HP palsu di luar sana.

5 Cara Membedakan HP Android Asli dan Palsu

1. Selalu Utamakan Riset Terlebih Dahulu

Para pemalsu yang jahat akan selalu beruntung jika konsumen masih cuek terhadap apa yang mereka beli. Untuk meminimalisasi kemungkinan kamu mendapatkan HP palsu, maka langkah yang paling penting adalah riset terlebih dahulu.

membedakan-hp-asli-dan-palsu-2

Mungkin terdengar klise, namun dengan meluangkan waktu di internet dalam memeriksa spesifikasi hingga harga normal dari suatu barang, maka kamu selangkah lebih maju dalam mendapatkan barang asli. Untuk spesifikasi, kamu bisa memeriksa bagian gadget kami di JalanTikus Gadget.

2. Periksa Hardware Melalui CPU-Z Maupun AIDA

Sebelum membeli HP, terutama HP bekas, periksa terlebih dahulu spesifikasi hardware-nya menggunakan aplikasi yang sudah terbukti dapat menampilkan secara lengkap info setiap komponen di dalamnya. Maka dari itu, kamu membutuhkan aplikasi handal bernama CPU-Zdan AIDA64.

membedakan-hp-asli-dan-palsu-3

HP palsu selain memiliki material body yang buruk, ia juga memiliki jeroan yang sebagian besar tidak sama dengan yang aslinya. CPU-Zdan AIDA64 berfungsi untuk mengkroscek bagian tersebut dan menampilkan datanya untuk kamu.

3. Periksa Menggunakan Antutu Officer

Kalau kamu tidak begitu mengerti dengan hal-hal teknis yang ditampilkan oleh CPU-Z maupun AIDA, maka kamu masih bisa mengandalkan aplikasi lainnya yang lebih ramah. Aplikasi tersebut bernama Antutu Officer.

membedakan-hp-asli-dan-palsu-4

Antutu Officer dapat secara langsung memeriksa HP kamu apakah asli ataupunsupercopy dengan cara memeriksa setiap komponen dan mencocokannya dengandatabase yang dimiliki. Informasi keaslian akan ditampilkan secara langsung dan mudah untuk dibaca.

4. Boot Ke Dalam Menu Recovery

Apabila niat, pemalsu HP bisa saja menyusunhardware hingga software yang sama persis dengan HP aslinya. Akan tetapi, mereka terkadang melupakan komponen krusial sepertirecovery mode yang disediakan.

membedakan-hp-asli-dan-palsu-5

Jika para pemalsu lupa untuk memodifikasirecovery mode, maka kebanyakan HP palsu akan hadir dengan tool recovery berbahasa China, dari yang seharusnya berbahasa Inggris. Untuk memeriksanya di Android, kamu bisa menekan kombinasi tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan.

5. Periksa Kelengkapan Penjualan

Ini juga sangat penting. Selain riset mengenai spesifikasi, kamu juga perlu untuk memeriksa video di YouTube mengenai unboxing terhadap HP yang akan kamu beli. Dengan begitu kamu bisa mengetahui ada kelengkapan apa yang disediakan di dalam kotak di saat membeli baru.

Jika HP tersebut palsu, maka bisa jadi ada beberapa aksesoris maupun buku manual yang tidak disediakan dan itu tentu sangat merugikan bagi pengguna. ingat, cek selalu video unboxingHP di internet.

Itulah lima poin mengenai cara membedakan HP asli dengan yang palsu. Jika kamu punya tips lainnya yang belum kami cantumkan di sini, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar di bawah ini ya. Selamat berbelanja HP baru!

Source: http://www.jalantikus.com

Tidak ada komentar

Silahkan Komentar sesuai dengan Isi Postingan.