5 Masalah Layar Smartphone Android dan Cara Mengatasinya






Selain baterai, layar juga merupakan bagian terpenting dari smartphone. Tanpa layar, gimana cara kamu menggunakan smartphone? Sementara sejauh ini semua smartphone sudah menggunakan layar sentuh.
Makanya saat layar smartphone bermasalah, segera cari tau bagaimana cara mengatasi layar smartphone Android yang bermasalah. Kali ini GustrayMedia akan memberikan cara ampuh mengatasi layar smartphone Android yang bermasalah.


Bagaimana Cara Mengatasi Layar Smartphone Android yang Bermasalah


Karena mengalami kontak yang lebih sering dengan pengguna, banyak sekali masalah yang dialami oleh layar smartphone. Tapi tenang, selain mengetahui jenis masalah layar smartphone, GustrayMedia juga datang dengan solusi dan cara mengatasi layar smartphone Android yang bermasalah.

1. Ghost Touching

Ghots touching adalah kondisi saat layar smartphone sering menjalankan perintah sendiri tanpa disentuh alias respon sentuhan sering lari-lari nggak jelas. Meski dinamakan ghost touching, tapi bukan berarti layar smartphone kamu dimainkan oleh hantu lho. Ini terjadi karena adanya kerusakan LCD smartphone atau karena adanya arus listrik berlebih.



Jika terjadi sesekali, biasanya ghost touching diakibatkan oleh charger yang rusak (atau tegangan terlalu tinggi). Solusinya, jangan keseringan menggunakan charger yang bukan bawaan. Tapi jika sering terjadi, maka ini disebabkan oleh LCD smartphone yang rusak. Jadi, kamu harus segera menggantinya.

2. Dead Pixel

Sesuai namanya, dead pixel bisa diartikan sebagai matinya piksel di layar. Akibatnya, ada bagian layar smartphone yang tidak menyala normal sehingga menghasilkan bercak noda pucat atau bahkan hitam. Bagian layar yang dead pixel bisa merambat semakin luas dan membuat layar tidak bisa digunakan.



Jika mulai ditemukan tanda-tanda dead pixel di layar smartphone Android milikmu, segera perbaiki dead pixeldengan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi ini akan menjalankan spektrum cahaya dinamis untuk merangsang layar agar bisa merespon semua warna yang disajikan. Bukan hanya warna, reka cahaya ini juga diklaim mampu mengembalikan sensitivitas layar smartphone terhadap sentuhan lho!



3. Baret-Baret

Ini nih masalah layar smartphone yang paling sering dialami oleh banyak penggunanya. Gara-gara sering asal simpan smartphone di saku atau tas sembarangan, layar smartphone jadi baret tergores kunci, koin atau benda kasar lainnya.



Tenang, banyak cara mengatasi layar smartphone Android kamu, bisa dilakukan untuk membuat layar smartphone yang tergores kembali mulus. Salah satu yang dipercaya ampuh adalah dengan menggunakan pasta gigi. Ya, selain untuk mencegah bau mulut dan gigi berlubang, olesan pasta gigi di layar smartphone yang tergores juga bisa membuatnya kembali mulus lagi loh!



4. Flickering

Flickering adalah kondisi saat layar smartphone dilanda oleh garis yang bergerak-gerak dari atas ke bawah atau menyamping. Hal ini sangat mengganggu dan bikin pusing. Solusi untuk mengatasi masalah layar smartphone yang sering flicker adalah dengan menghindari cahaya dan panas berlebih. Perhatikan juga brightness di smartphone.



Flickering juga bisa disebabkan oleh aplikasi. Tinggal hapus saja aplikasi yang menurutmu menyebabkan flicker, biasanya aplikasi kamera dan game yang membutuhkan fitur Auto Brightness. Kadang flickering juga terjadi setelah menginstal custom ROM, jadi tinggal kembali ke stock ROM saja.

5. Layar Tidak Sensitif




Berbeda dengan kasus ghost touching, kadang layar smartphone juga hilang sensitivitasnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh overheat. Jadi solusinya mudah saja, matikan layar smartphone selama beberapa saat, baru nyalakan lagi. Agar maksimal, tunggu permukaan smartphone kembali dingin sebelum kembali dinyalakan.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara mengatasi layar smartphone Android yang bermasalah? Apa ada satu dari 5 masalah smartphone di atas yang pernah kamu alami? Jika iya, apa solusi yang kamu lakukan? Share dong sama GustrayMedia

Sumber : Jalantikus | Dengan sedikit perubahan

Tidak ada komentar

Silahkan Komentar sesuai dengan Isi Postingan.